Terkait Perahu Terbalik di Balongbendo, Polresta Sidoarjo Belum Lakukan Penanganan Hukum

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Proses penanganan hukum insiden perahu tambang yang terbalik di Sungai Kalimas Dusun Serbo Desa Bogem Pinggir Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo sampai kini belum dilakukan.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol M Anwar Nasir mengatakan, saat ini pihaknya masih fokus melakukan pencarian korban yang belum ditemukan. “Kita fokus dulu pada pencarian korban yang belum ketemu,” katanya Sabtu (15/04).

Kombes Pol M Anwar mengatakan, pihaknya tidak terburu-buru terkait proses hukum. Menurutnya perahu tambang yang digunakan dalam menyeberang memang kondisinya tidak layak dan membahayakan. “Dan yang kemarin itu kelebihan muatan,” imbuhnya.

Ia mengaku masih menampung semua masukan yang ada dari pihak terkait untuk nantinya dijadikan bahan pembahasan maupun proses hukum lanjutan.

Kombes Pol Anwar juga merencanakan melakukan pembicaraan dengan instansi-instansi terkait, mulai Pemerintah Daerah sampai Provinsi. Khususnya sebagai referensi untuk membicarakan masalah jalur transportasi tradisional ini.

“Kalau dipertahankan, standar keselamatannya seperti apa, model perahu tambangnya seperti apa, dan kalau ada insiden, sanksinya apa. Persoalan ini harus disikapi serius, agar kedepan, tidak terjadi lagi musibah seperti ini,” jelasnya.

Masih kata Kapolresta Sidoarjo, dirinya bersama pihak terkait juga sudah keliling dan menyusuri sungai. Setidaknya, kata dia, dijumpai ada sekitar 50 jasa tambangan serupa di sepanjang sungai itu. “Hampir semua model perahu tambang sejenis sama dengan yang terbalik di Balongbendo,” pungkasnya.(sid2)

Keterangan gambar : Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol M Anwar Nasir SIK saat meninjau lokasi.

Recommended For You