Terkena Antrax Empat Ekor Sapi Mati Mendadak

ANTRAX@dakitanews Tulungagung – Warga Desa Segawe Kecamatan Pagerwojo Tulungagung diresahkan dengan kematian mendadak empat ekor sapi dalam sepekan terakhir. Mereka menduga sapi tersebut mati terkena penyakit antrax, yang sebelumnya sudah menjangkit wilayah Blitar.

“Tidak ada tanda-tanda sebelumnya padahal sore masih sehat tapi pagi sudah ditemukan mati,” ujar Siswanto, salah satu pemilik sapi yang mati.

Pria yang memiliki 6 ekor sapi ini menceritakan, saat ditemukan sapinya mati dengan mengeluarkan darah dari lubang duburnya. Karena takut, bangkai sapi kemudian dibakar dan dikubur di belakang kandang hewan. Setelah itu Siwanto segera melaporkan kejadian ini ke perangkat desa.

“Setelah itu ada petugas dari Dinas Peternakan melakukan vaksinasi dan menyemprot ke sekitar kandang,” tuturnya.

Akibat kejadian ini, Siswanto mengalami kerugian besar. Pasalnya selain sapinya mati, dia juga tidak diperbolehkan untuk menjual hasil perahan susu dari sapi yang berada satu kandang. Padahal setiap hari dirinya memberikan makanan dan menghasilkan susu sapi sekitar  45 liter, dengan harga  jual setiap liter Rp 4.500 hingga Rp 4.600.

Kalau  di kalkulasi  setiap  hari mengalami kerugian sekitar  Rp 100 ribu. “Namun ada pemberian ganti rugi dari dinas sehingga sedikit membantu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Tulungagung,Tatik Andayani membenarkan adanya peristiwa sapi mati mendadak di Pagerwojo. Hingga saat ini Tatik mengaku belum mengetahui pasti penyebabnya. Dinas Peternakan sendiri masih menunggu hasil uji laboratorium terhadap sampel yang dibawa ke provinsi.”Kita langsung mengambil langkah secara prosedur setelah mendapat kabar adanya sapi mati di Pagerwojo,” terangnya.

Menurutnya, saat musim hujan ini banyakl penyakit yang bisa menyerang hewan. Tidak hanya sapi, hewan seperti kambing dan ayam akan mudah terserang penyakit. Untuk mengatasinya, Tatik telah menyiagakan dokter hewan di 19 kecamatan. “Sehingga saat ada laporan bisa segera kami tangtani,” pungkasnya. (Bram).

Keterangan Gambar : Siswanto tunjukan kuburan sapi.

Recommended For You