ADAKITANEWS, Jombang – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jombang saat ini belum bisa memastikan tanggal pelaksanaan pembentukan Panwaslu tingkat Kecamatan.

Hal tersebut lantaran adanya kendala soal tahapan persiapan anggaran, yang hingga hari ini, Selasa (19/09) masih menunggu dari pihak Pemerintah Kabupaten Jombang. Padahal, Bawaslu Provinsi Jawa Timur telah menginstruksikan agar di bulan Oktober mendatang pembentukan Panwaslu di tingkat Kecamatan sudah dilakukan oleh Panwaslu Kabupaten Jombang.

Anggota Panwaslu Kabupaten Jombang, Ahmad Udi Masjkur mengungkapkan bahwa untuk tahapan pembentukan Panwaslu Kecamatan, pihaknya belum bisa memastikan tanggal pelaksanaannya. Hal tersebut menurut Ahmad Udi Masjkur, disebabkan karena pihaknya belum mengantongi anggaran untuk melaksanakan tahapan pembentukan Panwas Kecamatan.

“Kita bertiga sepakat belum bisa memastikan tanggal pelaksanaan pembentukan Panwaslu tingkat Kecamatan karena faktor anggaran yang belum kita kantongi,” ungkapnya.

Untuk penganggaran sendiri, Panwaslu Kabupaten Jombang mengaku sudah melakukan semua proses tahapan dan sudah diajukan ke Pemkab Jombang. Menurut Ahmad Udi Masjkur, pihaknya masih menunggu hasil dari Pemkab Jombang, sedangkan Ketua Panwaslu Kabupaten Jombang juga sudah menyiapkan naskah untuk NPHD.

“Pemkab Jombang sudah mulai melakukan proses terkait anggaran untuk Panwaslu Kabupaten Jombang. Kita tinggal menunggu mudah-mudahan segera selesai,” tandasnya.

Untuk diketahui, Pemkab Jombang telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 8,5 miliar yang hari ini, Selasa (19/09) masih dalam proses, yang nantinya akan diberikan dalam bentuk Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dari Pemkab Jombang kepada Panwaslu Kabupaten Jombang.(ar)

Keterangan gambar: Kantor sekretariat Panwaslu Kabupaten Jombang.(foto:adi rosul)