ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pemantauan arus mudik lebaran di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo tahun ini menggunakan camera Closed Circuit Television (CCTV). Ada 38 unit CCTV yang dipasang di 18 titik, mulai dari pintu masuk kedatangan yang berada di Jalan Raya Medaeng, terminal kedatangan penumpang, ruang tunggu penumpang, dan terminal keberangkatan bus.

Kasub Unit Keamanan dan Penertiban UPT Terminal Purabaya, Harjo kepada Tim Adakitanews.com mengatakan, dengan pengoptimalan kamera CCTV ini, petugas UPTD dan tim keamanan terminal bisa dengan mudah memantau kondisi lapangan, sehingga nantinya bisa menekan angka kriminalitas yang kerap terjadi kawasan Terminal.

“CCTV ini sangat membantu petugas untuk memantau kecurangan yang kerap dilakukan para awak bus. Upaya ini kami lakukan untuk memberi kenyamanan bagi para calon pemudik yang hendak melakukan Lebaran ke kampung halamannya,” ujarnya, Sabtu (17/06).

Sementara itu dari pantauan di lokasi, puncak arus mudik belum terlihat peningkatan. Harjo memprediksi arus mudik akan mulai mengalami kenaikan jumlah penumpang mulai H- 4 menjelang lebaran.(sid2)

Keterangan garmbar : Kasub Unit Keamanan dan Penertiban UPT Terminal Purabaya, Harjo saat memantau kondisi terminal melalui room CCTV.(foto : mus purmadani)