Terminal Purbaya Siap Hadapi Mudik Lebaran

PicsArt_06-17-06.39.29ADAKITANEWS, Madiun – Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik dan balik lebaran UPTD Terminal Purbaya Kota Madiun, berencana menambah jumlah armada bus beroperasi. Namun, soal jumlah armada pihaknya belum mengetahui karena masih menunggu kepastian dari pusat.

“Kami rencananya akan menambah armada angkutan untuk mempersiapkan lonjakan penumpang, hanya saja jumlahnya belum pasti. Karena masih menunggu koordinasi dengan Kementerian Perhubungan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Madiun, Heri Suwartono, Jumat (17/06).

Menurutnya berdasarkan pengalaman lebaran tahun lalu, penambahan armada mencapai 20% dari kondisi biasa, dengan kapasitas masing-masing bus sebanyak 55 orang. Dalam kondisi biasa, jumlah bus beroperasi masuk ke Kota Madiun mencapai 300 unit per hari.

Ia mengatakan armada tambahan atau bus cadangan tersebut ada dari jurusan Jakarta-Madiun, Yogyakarta-Madiun, dan sejumlah kota besar lain. Bus-bus itu didapatkan dari kerjasama dengan perusahaan organda maupun bus pariwisata.

Menurutnya secara umum Terminal Purbaya siap menghadapi masa angkutan lebaran tahun ini. Sejumlah sarana dan prasarana juga telah mendapat tambahan dari pemerintah pusat, menyusul rencana pengambilalihan terminal tipe A oleh pemerintah pusat.

Selain itu, tambahnya, Dishubkominfo Kota Madiun juga akan menggelar tes kesehatan bagi para sopir dan awak bus, melakukan cek fisik bus angkutan guna mengetahui laik jalan atau tidak. “Hal itu guna memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan bagi penumpang,” kata heri Suwartono.(Uk)

Keterangan Gambar : Jajaran Terminal Bus Purbaya Kota Madiun siap hadapi arus balik dan mudik, terlihat suasana terminal.(Foto: Agoes B)

Recommended For You