Terpengaruh Alkohol, Bocah Dibawah Umur Nekat Begal Pakai Parang

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Unit Reskrim Polsek Wonoayu berhasil menangkap dua anak dibawah umur, yang merupakan pelaku pencurian dengan kekerasan di Jalan Raya Semambung Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Tak tanggung-tanggung kedua bocah itu bahkan nekat menggunakan parang dalam menjalankan aksinya.

Kedua pemuda nekat tersebut adalah MSH, 15, warga Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo dan RP, 15, warga Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Keduanya diketahui nekat mencuri motor Honda Beat nopol W 5171 WJ milik M Tony, 21, warga Dusun Gempol Desa Jedongcangkring Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo pada Minggu (27/11) lalu.

Dalam keterangan persnya, Kapolsek Wonoayu, AKP Heriyanto mengatakan, aksi begal tersebut terjadi sekitar pukul 00.15 WIB. Saat itu, korban yang hendak pulang ke rumahnya tiba-tiba dihadang dua pemuda mabuk. Saat itu, korban sebenarnya sempat dibantu oleh dua rekannya. Namun, keduanya kabur begitu mengetahui MSH dan RP menyabetkan senjata tajam. “Sebenarnya korban sempat dibantu oleh dua temannya yang membututi dari belakang. Akan tetapi bantuan keduanya sia-sia karna pelaku langsung menyabetkan senjata tajamnya yang mengakibatkan keduanya melarikan diri,” kata Kapolsek, Kamis (01/12).

AKP Heriyanto menambahkan, saat pihaknya menerima laporan kejadian itu, petugas dari Polsek Wonoayu langsung melakukan penyisiran di sekitar tempat kejadian dan meminta keterangan beberapa saksi. Baru kemudian, sekitar pukul 10.00 WIB, kedua pelaku diinformasikan sedang berada di sebuah warung kopi di sekitar Wonoayu. “Langsung saja unit Reskrim mendatangi tempat yang sudah diinformasikan. Akan tetapi kedua pelaku langsung melarikan diri ketika melihat kehadiran polisi,” tambahnya.

Polisi yang sudah mengantongi identitas para pelaku langsung melakukan penangkapan. Sekitar pukul 13.00 WIB polisi, mendatangi rumah RP dan menemukan barang bukti berupa sepeda motor hasil curian yang sudah dibongkar, serta sentaja tajam yang dipakai pelaku untuk menjalankan aksinya. Dari keterangan tersangka RP, polisi kemudian berhasil menangkap MSH dirumahnya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku terancam dengan pasal 363 ayat 2 tentang tindak pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.(ak1)

Keterangan gambar: Kapolsek Wonoayu, AKP Heriyanto (kiri) saat pers rilis di Mapolresta Sidoarjo didampingi Kasubbag Humas Polresta Sidoarjo, AKP Samsul Hadi.(foto:sugiono)

Recommended For You