ADAKITANEWS, Kota Madiun – Oki, 27, perempuan warga Kelurahan Klegen Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun tiba-tiba diringkus anggota reserse Polres Madiun Kota saat menunggu ibunya yang sedang opname di RSUP Dr Soedono Kota Madiun.

Oki diciduk karena diduga telah melakukan tindak kriminal penggelapan sebuah mobil rental. Pelaku disinyalir telah menggadaikan satu unit mobil Avanza milik rental yang beralamat di Jalan Letkol Soewarno komplek Bumi Mas Kota Madiun.

“Tersangka berhasil diamankan saat menunggu ibunya yang sedang opname di RSUP Dr Soedono, karena diduga telah menggadaikan sebuah mobil milik rental,” urai AKP Ida Royani, Kasubag Humas Polres Madiun Kota, Selasa (31/10).

Masih menurut AKP Ida, berdasarkan pengakuan tersangka mobil tersebut telah digadai seharga Rp 30 juta. Dan dari hasil pemeriksaan serta pengakuan tersangka, hasil uang gadai mobil tersebut tidak untuk biaya pengobatan ibunya melainkan digunakannya untuk bergaya hidup mewah. “Jadi memang ibunya sakit tapi uang hasil gadai untuk foya-foya,” tutur AKP Ida.

AKP Ida Royani menambahkan, tersangka diketahui memang berprofesi sebagai sopir panggilan. Saat mendapat job, dirinya berinisiatif menyewa mobil Avanza dengan nopol AE 1770 SL yang disewa seharga Rp 300 ribu, selama tiga hari, pada Sabtu (30/09). Namun yang seharusnya dikembalikan pada tanggal 3 Oktober, kemudian diperpanjang tiga hari lagi.

“Mengetahui ada job lagi tersangka kemudian memperpanjang sewa melalui telepon juga mentransfer uang Rp 1,6 juta sehingga punya tunggakan Rp 200 ribu dengan masa berakhir sewa tanggal 6 Oktober. Hanya saja hingga batas perjanjian pelaku tidak mengembalikan malah menggadaikannya ke seseorang yang juga warga Madiun,” ungkap AKP Ida.

Lantaran mobilnya tak kunjung dikembalikan, akhirnya pada tanggal 22 Oktober pemilik mobil melapor ke Polsek Kartoharjo. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 372 KUHP dan atau pasal 378 dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.(bud)

Keterangan gambar : Tersangka Oki bersama barang bukti saat rilis di Polres Madiun Kota, Selasa (31/10).(foto : budiyanto)