2016-01-18_20.08.40ADAKITANEWS, Jombang – Kepolisian Jombang, Jawa Timur, mendalami jaringan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di wilayahnya. Hal itu menyusul tertangkapnya Zainuddin warga Desa Tugu Sumberejo,  seorang anggota Gafatar, di Pontianak, Kalimantan Barat, beberapa hari lalu.

Ketika mendatangi rumah Zainuddin, Senin (18/01) Polisi hanya menemui ibunya bernama Asmawati dan cucunya yang masih balita. Sedangkan ayahnya, Sukardi, tengah bekerja di daerah lain. Saat ditanya Polisi, Asmawati membenarkan foto KTP yang ditunjukkan polisi adalah Zainuddin, anaknya yang nomor dua.

“Itu memang benar anak saya, tapi dia (Zainuddin-red) bekerja di Surabaya sebagai pengantar air mineral isi ulang. Namun kadang ditugaskan bosnya ke Kalimantan,” ujar Asmawati

Kepala kepolisian Sektor Peterongan, Muhamad Amien, mengatakan, Polisi menemui orang tua Zainuddin untuk konfirmasi kebenaran informasi bahwa Zainuddin yang ditangkap polisi di Kalimantan Barat adalah  keluarganya.  Namun setelah dinyatakan kebenarannya oleh orang tua Zainudin, polisi tidak tinggal diam. Pihaknya akan mendalami sosok Zainudin dan berusaha mengungkap jaringannya di Jombang.

“Kita dapatkan informasi yang sedang berkembang, salah satunya warga kecamatan Peterongan, dan kita konfirmasi kepada keluarga karena ada yang diamankan di Kalimantan Barat. Mungkin dari Polsek akan kita kembangkan dan kita laporkan nanti ke pimpinan,” kata Muhamad Amin

Data yang dihimpun tim adakitanews.com, nama Zainuddin tiba-tiba muncul di sejumlah media nasional, setelah ditangkap anggota Polresta Pontianak pada sabtu lalu Bersama Slamet Mulyo yang dikabarkan berasal dari Gresik, Jawa Timur. Keduanya dinyatakan sebagai anggota Gafatar, karena ditemukan sejumlah dokumen Gafatar di dalam tas keduanya. Polisi menggeledah kedua anggota Gafatar  tersebut saat melakukan razia cipta kondisi dari penumpang kapal motor Bukit Raya.

Sebelumnya, satu keluarga asal Desa Ngumpul Kecamatan Jogoroto, Jombang, juga dikabarkan menghilang dan diduga menjadi anggota Gafatar. Mereka adalah pasangan suami istri bernama Rudiono dan Dyah Ningsih. Polisi hingga saat ini terus melakukan pendalaman dan pengembangan.(Tari/Jati)

Keterangan Gambar : Asmawati, ibu Zainuddin saat ditemui Polisi di rumahnya, Desa Tugu Sumberejo Kecamatan Peterongan, Jombang.