ADAKITANEWS, Tulungagung – Pohon Beringin yang diperkirakan berumur ratusan tahun yang berada di Pasar Bendilwungu Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung patah, Selasa (07/11). Bagian pohon yang telah lapuk tersebut menimpa beberapa kios atau los Pasar Bendilwungu hingga mengalami kerusakan.

Staf UPT Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kecamatan Sumbergempol, Supriyadi menjelaskan, kerusakan kios akibat tertimpa pohon yang patah cukup serius. “Tiga los pasar Bendilwungu milik Juri, Marni dan Juari rusak berat, sedangkan beberapa lainnya hanya mengalami kerusakan kecil,” ujarnya.

Lanjut Supriyadi, sebelum kejadian diawali dengan adanya hujan deras yang disertai angin kencang. Kemudian pada pukul 15.45 WIB warga dan pedagang yang berada di kios pasar bagian depan yang tidak jauh dari lokasi mendengar adanya suara benturan keras. Setelah dilakukan pengecekan ternyata sebuah pohon beringin yang diperkirakan berumur ratusan patah.

“Selain faktor angin, batang pohon bagian dahan mengalami pelapukan karena usia mencapai ratusan tahun. Tidak ada korban jiwa karena saat kejadian, kondisi pasar sudah sepi karena pedagang sudah pulang,” imbuh Supriyadi.

Pedagang setempat bersama warga dan UPT Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kecamatan Sumbergempol, segera mengevakuasi batang pohon serta material atap los dan bangunan Pasar Bendilwungu yang hancur.

“Sambil menunggu perbaikan kios yang rusak parah, pemilik akan kita carikan tempat untuk berjualan sementara, sampai perbaikan kios selesai,” pungkas Supriyadi.(ta1)

Keterangan gambar : Kondisi Pasar Bendilwungu yang rusak akibat tertimpa pohon beringin.(foto : acta cahyono)