AdakitanewsMVI_3363.MOV_000001088MVI_3398.MOV_000001258 Jombang – Sebanyak tiga menteri kabinet Kerja dijadwalkan akan menghadiri haul ke lima KH. Abdurahman Wahid di Jombang, Jawa Timur. Dalam dua hari terakhir, persiapan tersebut telah rampung dilaksanakan.

KH. Lukman Hakim, salah seorang pengurus Ponpes Tebu Ireng mengatakan, Haul ulama sekaligus Presiden RI ke 4 ini rencananya akan digelar pada Senin, (05/01) besok. Segala bentuk persiapan acara besar tersebut sudah rampung dilaksanakan. Diantaranya, Pembersihan makam sang kyai yang berada di kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang.

“Kami sudah mempersiapkan haul Gus Dur walaupun agak mendadak. Dalam seminggu sudah berjalan beberapa persiapan, utamanya keamanan tempat tamu,” ujarnya.

Makam yang kini menjadi tujuan wisata religi itu, memang tidak pernah sepi dari peziarah. Kecuali pada jam-jam belajar para santri. Menjelang acara haul, aktifitas ziarah memang tidak seperti biasanya. Pasalnya, mulai Minggu, (04/01) hari ini, berbagai acara sudah mulai digelar.

Puncak acara rencananya akan dilangsungkan pengajian umum. Pada puncak acara itu, dijadwalkan ketiga menteri dari kabinet kerja akan hadir. Ketiga menteri itu yakni, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin, Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, serta Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Dwi Suryo Indroyono Soesilo.

“Dalam rencana ada tiga menteri yang akan hadir. Sedang acara khotamul Qur’an rencananya akan diikuti oleh para tahmid se-Kabupaten Jombang,” lanjut KH. Lukman.

Sebagaimana acara haul sebelumnya, diperkirakan haul kali ini akan diikuti oleh lebih dari 15 orang. Mereka terdiri dari alumni Ponpes Tebuireng, para orang tua santri, serta warga masyarakat umum. (Hanif)

Keterangan Gambar : Persiapan tempat haul ke 5 Gus Dur di Ponpes Tebu Ireng