Tiga Pejabat PDAU Resmi Ditahan

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Direktur Utama Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU), Amral Soegianto akhirnya ditetapkan oleh Kejaksaan Negeri Sidoarjo sebagai tersangka dugaan korupsi pengelolaan keuangan PDAU tahun 2010 – 2016, Senin (08/05). Penetapan dilakukan setelah tersangka menjalani pemeriksaan sejak pukul 08.00 WIB hingga malam hari.

Bukan hanya Dirut, tim penyidik rupanya juga melakukan penahanan terhadap dua pejabat PDAU yang lain yakni Siti Winarni yang menjabat Kabag Umum sekaligus Kepala Unit Gas dan ID, serta Imam Djunaedi selaku Kepala Unit Grafika. Ketiga pejabat itu, dinilai paling bertanggung jawab atas dugaan penyimpangan dan penyelewengan pengelolaan keuangan PD Aneka Usaha sejak tahun 2010 hingga tahun 2016.

Meski ditetapkan tersangka secara bersamaan, namun ketiga pejabat PDAU tersebut ditahan di lapas yang berbeda. Tersangka Siti Winarni dan Imam Djunaedi ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Sidoarjo. Sedangkan tersangka Amral Soegianto ditahan di Lapas kelas I Surabaya di Medaeng, Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Ketiganya dijerat pasal 2 dan 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 yang diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi

Kasi Intel Kejari Sidoarjo, Andri Tri Wibowo mengatakan meski penyidik sudah menemukan praktik penyimpangan yang menyebabkan kerugian negara, namun untuk nilai pasti kerugian pihaknya masih menunggu keterangan saksi ahli. “Kami sudah memiliki dua alat bukti yang kuat,” katanya.

Tim penyidik, lanjut Andri, sudah menemukan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan manajemen keuangan PD Aneka Usaha. Selain itu ditunjang 2 alat bukti yang cukup kuat, yakni berupa aliran uang yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Untuk nilai pasti kerugian masih menunggu keterangan saksi ahli. Meski penyidik sudah menemukan sendiri praktik penyimpangan yang menyebabkan kerugian negara,” tegasnya.

Selain memeriksa pejabat PDAU, tim penyidik Kejari juga melakukan pemeriksaan kepada pimpinan Dewan Pengawas Pemkab Sidoarjo yakni Kabag Hukum, Heri Soesanto dan Kabag Perekonomian Pemkab Sidoarjo, Samsul Rizal serta Kepala Inspektorat Kabupaten Sidoarjo, Eko Udjiono.

Andri mengaku tidak menutup kemungkinan akan muncul tersangka baru. Karena untuk rekanan PD Aneka Usaha juga masih didalami tim penyidik. “Kami juga mendalami aliran dana ke pejabat dan oknum anggota DPRD Sidoarjo,” jelasnya.(sid2)

Keterangan gambar : Tiga pejabat PDAU saat akan dibawa ke Lapas.(ist)

Recommended For You