ADAKITANEWS, Jombang – Tim Rukyat Kementrian Agama Kabupaten Jombang gagal melihat hilal sebagai tanda awal bulan Syawal 1437 Hijriyah. Berdasarkan hasil rukyat yang digelar di Sat Radar 222, Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang pada Senin (04/07) petang, tak satupun dari tim bisa melihat hilal meski cuaca cukup bagus.

Tim melakukan pengamatan pada saat posisi matahari terbenam pada pukul 17.26 WIB. Sedangkan bulan akan terbenam pada pukul 17. 21.19 WIB. Namun, setelah tim bergerak, tidak ada satu pun yang bisa melihat hilal atau bulan.

Menurut Ketua Tim Rukyat, Ilham Riyadi, berdasarkan hasil rukyatul hilal awal syawal 1437 hijriyah 2016, seluruhnya dinyatakan gagal melihat hilal. “Hilal terbenam pada 17.21.19 WIB sehingga hilal lebih dahulu terbenam dari pada matahari. Dan tadi tepat pada 17.26 WIB, matahari terbenam sehingga pantauan di sini untuk rukyatul hilal tidak dinyatakan berhasil untuk melihat hilal,” kata Ilham Riyadi, Senin (04/07).

Menurut Ilham Riyadi, dari hasil rukyatul hilal yang dilakukan sore itu, posisi hilal atau bulan adalah minus satu derajat enam menit koma nol satu detik. Sehingga masih di bawah ufuk dan hilal belum terlihat.

Rencananya, hasil rukyatul akan disidangkan dan hasilnya akan disampaikan ke Kemenag pusat.(Tari/Jati)

Keterangan gambar: Gagal melihat bulan – Tim rukyat Kemenag Jombang saat melakukan rukyatul hilal, penentuan 1 syawal 1437 hijriyah 2016 di Sat Radar 222 Kabuh Jombang.