ADAKITANEWS, Jombang – Usaha t-shirt atau kaos sepertinya mulai banyak diminati oleh para pengusaha muda di Kabupaten Jombang. Salah satunya Wildan, pemuda asal Desa Banyuarang Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang.

Pemuda berumur 23 tahun tersebut bahkan bisa meraup keuntungan hingga Rp 4 juta setiap bulannya. Usaha kaos yang ia pilih tersebut banyak diminati masyarakat sebab ada hal unik yakni goresan lukisan yang ia terapkan di kaos. Hal inilah yang menjadikan peluang dalam usahanya.

Selain Wildan, ada juga pemuda asal Desa Sidokaton Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang bernama Eko Prasetyo, 27, yang juga menggeluti bisnis t-shirt. T-shirt yang ia geluti berbeda dengan Wildan. Ia hanya menjual berupa t-shirt berjenis kaos polos tanpa gambar apapun.

Saat disinggung alasan menggeluti usaha kaos polos tersebut ia menuturkan bahwa usaha kaos polos sangat menjanjikan. Kaos polos merupakan kebutuhan sehari-sehari untuk memenuhi kebutuhan gaya berpakaian. Sedangkan kaos polos sendiri juga mulai banyak diminati karena unsur kenetralan, dengan tidak ada satu gambar pun yang melekat.

Eko Prasetyo mengatakan, dari bisnis yang digelutinya tersebut, ia bisa mendapatkan untung Rp 5 juta, bahkan hanya selama bulan Ramadan hingga menjelang lebaran ini. “Alhamdulillah Ramadan ini keuntungannya lumayan. Ada sekitar Rp 5 juta,” tuturnya.

Tidak ketinggalan, tingkat kebutuhan gaya hidup anak muda dalam berpakaian juga dimanfaatkan oleh pemuda asal Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang, Ach Sholahuddin. Dengan membaca peluang tersebut ia membuat usaha t-shirt dengan diproduksi langsung melalui tangannya sendiri.

Dengan bermodal bahan baku berupa kain yang ia datangkan dari luar kota, Sholahuddin mengolahnya menjadi t-shirt berupa kaos polos untuk memenuhi permintaan pasar. Tidak tanggung-tanggung, dalam sebulan ia bisa meraup keuntungan mencapai puluhan juta rupiah. “Tingginya kebutuhan gaya hidup dalam berpakaian anak muda hari ini memberikan keuntungan tersendiri bagi usaha saya selama ini,” ungkap Sholahuddin saat ditemui oleh Tim Adakitanews.com, Kamis (22/06).(ar)

Keterangan gambar: Eko Prasetiyo saat ditemui di galerinya. (bawah) Proses produksi kaos polos di tempat Sholahiddin.(foto:adi rosul)