ADAKITANEWS, Jombang – Dalam rangka menyambut hari ulang tahun TNI yang ke-72, Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang guna berziarah ke makam pahlawan nasional, Senin (18/09).

Kedatangan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo ke PP Tebuireng ini, salah satunya untuk berziarah ke makam Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid. Selain berziarah ke Presiden yang akrab disapa dengan nama Gus Dur tersebut, Panglima TNI juga berziarah ke makam KH A Wahid Hasyim dan KH Hasyim Asy’ari.

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa ziarah makam ke PP Tebuireng ini merupakan rangkaian acara dalam memperingati hari ulang tahun TNI ke-72. “TNI membuat tradisi untuk ziarah ke makam Panglima Tertinggi atau Presiden, ini dalam rangka menyambut hari ulang tahun TNI ke-72,” tutur Panglima TNI.

Sebelum acara ziarah dan doa bersama, Panglima TNI yang didampingi oleh pejabat tinggi di lingkungan TNI terlebih dahulu melakukan upacara penghormatan kepada para pahlawan negara yang dimakamkan di lokasi tersebut. Hadir juga dalam acara tersebut Wakil Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI juga memberikan pesan agar tidak melupakan jasa para pahlawan serta mencontoh jiwa juang yang diwariskan oleh para pahlawan. “Kita disini berdoa agar para pahlawan menjadi syuhada dan kedepan kita semua harus mencontoh jiwa juang yang telah diwariskan oleh para pahlawan,” pesannya.

Diketahui sebelum Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantyo berkunjung ke makam Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid, terlebih dahulu Panglima TNI berziarah ke makam Presiden RI pertama yakni Ir Soekarno di Kabupaten Blitar. Rangkaian acara tersebut, bertujuan untuk membuat tradisi ziarah ke makam Panglima Tertinggi yakni Presiden Republik Indonesia.(ar)

Keterangan gambar: Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantyo saat berziarah ke makam Gus Dur.(foto:adi rosul)