Tragis, Nenek Hidup Sebatangkara Tanpa Pakaian

ADAKITANEWS, Nganjuk – Nasib Jakimah, 85, warga Desa Kwagean Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk sungguh tragis. Nenek sebatangkara ini terbilang aneh, lantaran tidak pernah menggunakan sehelai benangpun untuk menutupi tubuhnya. Kondisi ini membuat setiap orang yang menemuinya terpaksa menutup bagian tubuh Jakimah menggunakan selembar kantong bekas karung beras atau kain seadanya.

Menurut Ario, warga sekitar, kondisi kejiwaan Jakimah sebenarnya normal. Tidak ada tanda-tanda gangguan jiwa yang terlihat, meski Jakimah menderita katarak dan tidak dapat melihat.

Setiap pagi Jakimah selalu dikirimi sarapan oleh para tetangga. Begitu juga jika makan siang dan makan malam. Para tetangga dengan sukarela mengurusnya meski kondisi nenek itu sangat memprihatinkan jika dilihat. Mereka secara bergantian mengurus dan memberi makan Jakimah.

Kondisi Jakimah sebenarnya memang tidak juga dikatakan normal layaknya manusia pada umumnya. Hal itu lantaran Jakimah tidak pernah mau berpakaian. Selain jarang mandi, ia juga buang air kecil dan besar dalam satu ruangan yang juga berfungsi sebagai tempat tidurnya. Ada gundukan pasir di ruangan itu yang berfungsi sebagai tempat buang air.

Jakimah tidak mengerti uang. Kalau ada yang memberi, akan langsung dibuang hingga berserakan di lantai tanah rumahnya. “Jakimah tidak pernah berpakaian. Tetangga yang mengetahui kondisi itu tidak tega lantas menutup aurat nenek itu dengan kain seadanya,” ungkap salah satu tetangganya.(Jati)

Keterangan gambar: Kondisi Jakimah dan rumahnya.

Recommended For You