ADAKITANEWS, Blitar – Sebuah tas kresek berisi granat aktif dan peluru ditemukan oleh Karjo, 52, tukang sampah, warga Dusun Tlogo II RT 3/RW 1 Desa Tlogo Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar di tempat pembuangan sampah (TPA) desa setempat, Kamis (22/06).

Kasatreskrim Polres Blitar, AKP Erik Pradana mengatakan, tas kresek berwarna hitam tersebut ditemukan sekitar pukul 16.00 WIB saat Karjo sedang memilah sampah. “Jadi yang menemukan ini adalah tukang sampah saat melakukan pekerjaannya di wilayah Tlogo Kanigoro,” katanya, Jumat (23/06).

AKP Erik menjelaskan, saat itu Karjo sedang mengangkut sampah dengan menggunakan gerobak sampah dari warga Dusun Tlogo II untuk dibuang ke TPA Desa Tlogo Kanigoro. Seperti biasa setelah membuangnya, Karjo memilih barang-barang yang masih bisa digunakan. Saat itulah Karjo menemukan sebuah tas kresek warna hitam yang setelah dibuka terdapat granat dan peluru.

Setelah menemukan barang itu, Karjo membawanya pulang dan mengganti tas kresek dengan tas kain. Selanjutnya ia melaporkan kepada Joko Dwi Santoso, 45, anggota TNI Koramil Sananwetan sekitar pukul 18.00 WIB.

“Saat itu Joko tidak ada, sehingga Karjo membawanya pulang. Kemudian sekitar pukul 21.00 WIB, Karjo kembali ke rumah Joko. Kemudian Joko melaporkannya ke Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Tlogo,” jelasnya.

Untuk diketahui, barang bukti yang ditemukan tersebut berupa sebuah granat manggis aktif korea, 9 butir amunisi FN, 7 butir amunisi hampa M16/SS1, sebuah lantak/pembersih laras, botol kecil minyak senjata dan sikat pembersih laras. Kini semua barang tersebut sudah diamankan polisi untuk penyelidikan lebih lanjut.(blt2)

Keterangan gambar: Proses evakuasi dan barang bukti.(dok. Humas Polres Blitar)