ADAKITANEWS, Tulungagung – Sistem penanganan kebakaran di Kabupaten Tulungagung menjadi perhatian pemerintah setempat. Beberapa kantor milik pemerintah maupun swasta, penyediaan alat sistem penanganan kebakarannya juga masih minim.

“Di beberapa kantor dan tempat hiburan malam masih banyak yang belum menyediakan peralatan untuk penanganan kebakaran. Karena itu, saya perintahkan Kepala Satpol PP untuk gencar melakukan sosialisasi dan pemeriksaan ke tempat-tempat tersebut,” kata Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo, Selasa (10/10).

Diketahui selama ini, sudah berulang kali Satpol PP yang membawahi bidang Pemadam Kebakaran melakukan inspeksi di beberapa kantor, dan masih dijumpai kantor yang belum menyediakan alat pemadam kebakaran, termasuk Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Bahkan APAR yang dimiliki sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum dan hotel melati di Kabupaten Tulungagung, kondisinya sudah tidak laik pakai karena kedaluwarsa atau perangkat yang tidak berfungsi.

Beberapa hotel diketahui juga belum memenuhi standar kebutuhan APAR. Dari setiap 3-5 unit kamar, harusnya tersedia minimal satu tabung APAR. Namun kebanyakan hanya ada satu atau dua APAR untuk beberapa kamar, itu pun penempatannya disembunyikan dengan alasan estetika ruang.

“Alat proteksi kebakaran itu penting, jika sewaktu-waktu terjadi musibah kebakaran, kondisinya bisa diminimalisir, agar tidak sampai parah. Seperti yang terjadi saat kebakaran di komplek pertokoan Pasar Wage beberapa bulan lalu, akibat hydrannya tidak berfungsi dengan baik, akhirnya harus mencari air keluar. Ini yang menghambat proses pemadaman,” tambah Syahri.

Lanjut Syahri, apalagi di Tulungagung ini sangat banyak tumbuh tempat hiburan, baik yang berada di kota maupun yang tersebar di pinggiran. Ini yang harus menjadi perhatian instansi terkait lantaran keberadaan usaha ini sangat rawan terjadinya bahaya kebakaran.(ta1)

Keterangan gambar : Petugas Damkar saat lakukan simulasi pemadaman api.(foto : acta cahyono)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171011_185843-1024x576.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171011_185843-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,damkar,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Sistem penanganan kebakaran di Kabupaten Tulungagung menjadi perhatian pemerintah setempat. Beberapa kantor milik pemerintah maupun swasta, penyediaan alat sistem penanganan kebakarannya juga masih minim. “Di beberapa kantor dan tempat hiburan malam masih banyak yang belum menyediakan peralatan untuk penanganan kebakaran. Karena itu, saya perintahkan Kepala Satpol PP...