031214_JOMBANG_TUNA NETRA DAN LANSIA GELAR KONSER MUSIK.mp4_000009876031214_JOMBANG_TUNA NETRA DAN LANSIA GELAR KONSER MUSIK.mp4_000029829031214_JOMBANG_TUNA NETRA DAN LANSIA GELAR KONSER MUSIK.mp4_000080880@dakitanews Mojokerto – Memperingati hari disabilitas sedunia, para Tuna Netra dan lansia di Kabupaten Mojokerto menggelar konser musik bersama. Acara peringatan itu juga dimeriahkan fasionshow khusus para lansia.

Acara yang digelar di Panti Werdha, Desa Gemekan, Kecamatan Soko ini tampak meriah dengan dendang joget para lansia dan para penyandang tuna netra. Meski menyandang keterbatasan, para tuna netra tempak mahir memainkan alat musik.

Januardi Eko Prasetyo, salah seorang penyandang tuna netra mengaku, dirinya mulai belajar alat musik sejak 12 tahun lalu. Januardi mengatkan, dia dan berteman-temanya belajar alat musik secara otodidak.

Januardi mwngatakan, grup musinya sudah melakukan pementasan di berbagai daerah di Indonesia. Diantara kota-kota besar yang pwrnah dikunjungi grup musiknya antara lain Denpasar Bali, Banjarmasin dan Jogjakarta.

“Mulai tahun 2002, ke bali 2 kali, banjarmasin 2 kali terus daerah jogja lebih sering. Semoga anak-anak cacat lainnya itu tidak berkecil hati dan tetap semangat,” ungkap Januardi.

Konser penyandang tuna netra dan lansia ini digelar oleh Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto. Tujuan kegiatan ini menurut Dinas Sosial agar masyarakat umum tidak mendeskreditkan para disabilitas.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto, Hariyono menjelaskan, para penandang disabilitas memiliki kelebihan tersendiri. Para penyandang disabilitas tersebut, lanjut Hariyono juga memiliki hak yang sama sebagaimana masyarakat normal lainya.

“Memberdayakan mereka bahwa mereka juga bisa seperti yang lain. Jadi dia merasa tidak minder, dia merasa diberdayakan, di orangkan bahwa mereka sebenarnya sama dengan kita juga punya kemampuan,” ujar Hariyono.

Para penyandang disabiltas tersebut berharap diberlakukan sama sepwrti orang normal lainya. Dengan kreatifitas yang dimiliminya, mereka laka layak untuk mendapat penghargaan. (hanif/jati).