ADAKITANEWS, Blitar – Setelah menunggu beberapa bulan, akhirnya tunjangan inpassing atau program penyetaraan dari pemerintah terhadap guru non PNS di Kabupaten Blitar telah cair. Tunjangan Inpassing ini hanya bisa diterima bagi guru yang telah melalui proses sertifikasi dan mempertimbangkan masa kerja.

Humas Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, Jamil Mashadi mengatakan, dana senilai Rp 15 miliar untuk tunjangan inpassing ini diberikan kepada 530 guru pendidikan agama Islam di sekolah umum, dan 1.500 guru madrasah di seluruh wilayah Kabupaten Blitar. “Alhamdulillah dana inpassing sudah cair. Ini kita berikan kepada guru pendidikan agama Islam di madrasah dan sekolah umum,” kata Jamil, Jumat (22/12).

Lebih lanjut Jamil menjelaskan, sesuai dengan rencana pencairan tunjangan inpassing ini diberikan sejak bulan November yang lalu. Namun karena ada persoalan di perbankan khususnya untuk rekening dari Kemenag Provinsi, maka pencairan baru bisa terealisasi di bulan Desember ini.

“Semua guru yang berhak mendapatkan tunjangan ini, alhamdulillah sekarang mereka sudah mendapatkan tunjangan dan langsung kita kirimkan ke rekening mereka masing-masing,” jelasnya.

Jamil menambahkan, pihaknya saat ini terus memantau secara intensif untuk penyaluran tunjangan inpassing yang dilakukan Kemenag Provinsi Jawa Timur. “Kita akan tetap memantau penyaluran tunjangan inpassing dari Kemenag Provinsi Jawa Timur ini,” imbuhnya.(fat)

Keterangan gambar: Jamil Mashadi, Humas Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar.(foto : fathan)