ADAKITANEWS, Jombang – Setelah menyelesaikan tahapan verifikasi faktual terhadap 12 partai politik calon peserta pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang segera melakukan rapat pleno terhadap hasil verifikasi.

Ditemui di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Jombang, Kamis (01/02), Anggota Komisioner KPU Jombang Divisi Hukum, Athoillah SH menyampaikan akan melakukan pleneo terkait hasil dari verfak yang dilakukan tiga hari mulai tanggal 31 Januari hingga 01 Februari 2018. Rapat pleno tersebut, dikatakan Athoillah, akan berlangsung pada Kamis (01/02) malam.

“MS (memenuhi syarat) atau tidaknya akan dilakukan dalam pleno KPU. Sedangkan pleno KPU akan kita lakukan pada Kamis (01/02) malam, dan hasilnya akan kami serahkan pada partai tanggal 02 Februari,” ungkap Athoillah.

Sementara di hari terakhir, KPU Jombang melakukan verfak di empat partai, salah satunya di DPC PPP Kabupaten Jombang. Untuk Verfak PPP, Athoillah mengatakan bahwa seluruh data yang disampaikan ke pihak KPU dinyatakan sesuai dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Verifikasi keanggotaan sudah selesai. Untuk verifikasi kepengurusan secara prinsip sudah sesuai, tetapi masih ada input yang keliru. Jadi ada NIK salah satu pengurus yang salah input satu digit. Nanti partai politik yang segera memperbaikinya,” ujar Athoillah.

Sementara, Ketua DPC PPP Kabupaten Jombang, Hj Mundjidah Wahab mengatakan bahwa adanya kekeliruan input data kepengurusan yang dimaksud oleh pihak KPU, sudah langsung dilakukan perbaikan. Selanjutnya, Hj Mundjidah Wahab menyampaikan bahwa partainya yakin akan lolos dalam verfak tersebut.

“Adanya kekeliruan pada NIK tadi sudah langsung diperbaiki barusan sama pak sekretaris. Insyaallah kami yakin lolos karena tadi sudah sesuai semua,” pungkas Ketua DPC PPP Kabupaten Jombang.(ar)

Keterangan gambar: Anggota Komisioner KPU Jombang Divisi Hukum, Athoillah SH, (bawah) proses verifikasi di DPC PPP Kabupaten Jombang.(foto:adi rosul)