ADAKITANEWS, Kota Madiun – Bertempat di alun-alun Kota Madiun, Pemerintah Kota Madiun mengadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan judul “Wahyu Makutho Rama”, Rabu (28/12). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud sukur atas pencapaian prestasi yang diperoleh oleh Pemerintah Kota Madiun di tingkat nasional.

Pencapaian prestasi tersebut diantaranya, dua penghargaan sekaligus yang diperoleh Pemerintah Kota Madiun di penghujung tahun 2016. Yang pertama adalah penghargaan Manggala Karya Kencana, yakni penghargaan tertinggi di bidang Keluarga Berencana tingkat nasional, sedangkan yang kedua adalah juara 1 tingkat nasional lomba Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK) tahun 2016.

Acara inti dimulai pada pukul 20.00 WIB dengan pembukaan gending jawa yang ditampilkan oleh karawitan Abdi Laras bentukan Pemkot Madiun. Acara kemudian dilanjutkan dengan tari gambyong oleh pelajar tingkat SMA Kota Madiun, sebagai simbol ucapan selamat datang kepada para tamu undangan.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto menyampaikan pentingnya untuk nguri-uri (melestarikan,jawa-red) budaya Jawa terutama wayang kulit. “Penting sekali untuk nguri-uri budaya jawa. Itu merupakan wujud syukur atas prestasi yang selama ini telah diraih oleh Kota Madiun,” ujarnya.

Sebelum pentas wayang dimulai, secara simbolis Wakil Walikota Madiun menyerahkan gunungan wayang kepada dalang, Ki Purba Asmara, yang juga merangkap sebagai dosen Institut Seni Indonesia (ISI) di Kota Solo.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Madiun beserta anggota dewan lainnya, Sekretaris Daerah Kota Madiun, Maidi, unsur SKPD, para lurah serta masyarakat umum. Sementara, untuk menambah kemeriahan acara tersebut, pihak Pemkot Madiun memberikan makan malam gratis kepada seluruh masyarakat yang hadir.(adv/dinas pendidikan/BODIES)

Keterangan gambar: Penyerahan gunungan wayang dari Wakil Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto.