ADAKITANEWS, Jombang – Tahapan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan memasuki tahapan kampanye pada tanggal 15 Februari 2018, mendorong Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang untuk menyiapkan anggaran hingga miliaran rupiah terhadap seluruh pasangan calon.

Anggota Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Sosialisasi, Drs M Fathoni mengatakan, dalam tahapan kampanye tersebut KPU Kabupaten Jombang sudah menyiapkan anggaran hingga mencapai Rp 2,8 miliar, yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jombang untuk tahapan Pilkada 2018.

Pada Pilkada kali ini, terdapat 3 bakal paslon yang akan ditetapkan pada tanggal 12 Februari mendatang. 3 bakal paslon tersebut yakni Mundjidah-Sumrambah, Nyono-Subaidi dan Syafi’in-Choirul Anam.

“Anggaran yang disiapkan Rp 2.827.526.000 untuk tahapan masa kampanye. Anggaran tersebut akan dibagi menjadi beberapa pos kegiatan, diantaranya debat publik, bahan kampanye yang terdiri dari brosur paslon dan selebaran, alat peraga berupa spanduk dan umbul-umbul serta alokasi untuk penayangan iklan di media,” ujar M Fathoni, Jumat (09/02).

Tahapan Pilkada 2018 kali ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya. Dimana pada Pilkada sebelumnya pada 2018, biaya kampanye dibebankan oleh masing-masing paslon. Hal tersebut tertuang pada PKPU nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye, yang mengatakan bahwa KPU kabupaten/kota diwajibkan mengalokasikan sebagian anggaran untuk memfasilitasi paslon dalam kampanye. “Tiap paslon harus tetap mengikuti aturan sesuai PKPU,” tegas M Fathoni.

Anggota Komisioner KPU itu juga mengaku akan memaksimalkan alokasi anggaran Pilkada. Hal tersebut dikatakan M Fathoni bahwa sebenarnya alokasi miliaran rupiah tersebut diperuntukkan untuk enam paslon. Tetapi pada kenyataannya hanya ada tiga bakal paslon hingga menjelang penetapan paslon.

Masih kata M Fathoni, KPU akan maksimalkan alokasi anggaran itu untuk empat pos kegiatan di tahapan Pilkada. Antara lain Rp 300 juta untuk dua kali debat kandidat, Rp 1,27 miliar untuk bahan kampanye KPU dan alat peraga kampanye KPU dengan anggaran sebesar Rp 846 juta serta untuk penayangan di media, KPU mengalokasikan RP 504 juta. “Kita akan memaksimalkan anggaran tersebut di masing-masing pos kegiatan,” pungkas M Fathoni.(ar)

Keterangan gambar: Anggota Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Sosialisasi, Drs M Fathoni.(foto:adi rosul)