ADAKITANEWS, Tulungagung – Distribusi Kartu Tani Indonesia di Kabupaten Tulungagung untuk sementara dihentikan. Ini dilakukan karena BNI selaku bank pemerintah yang ditunjuk sebagai penyedia kartu tani bersama Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tulungagung, masih harus mendata ulang jumlah petani yang berhak menerima jatah pupuk bersubsidi, berdasar data rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) atau data kelompok tani yang sudah diperbaharui.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tulungagung, Suprapti mengatakan bahwa pada 2018 pembelian pupuk bersubsidi mulai menggunakan Kartu Tani Indonesia.

“Saat ini sekitar 8.000 petani di empat desa yang sudah menerima kartu tani, yakni di Desa Wates Kecamatan Campurdarat, Desa Mulyosari di Kecamatan Pagerwojo, serta Desa Blimbing dan Karangsari di Kecamatan Rejotangan,” kata Suprapti, Jumat (24/11).

Lanjut Suprapti, seharusnya kartu tani, sudah mulai dibagikan mulai akhir Juni 2017 lalu. Namun, terkendala masalah validasi petani yang belum selesai hingga sekarang. Pemerintah menargetkan pengadaan kartu tani selesai akhir 2017, dan awal 2018 kartu tani bisa digunakan.

Suprapti memperkirakan masih ada 10 persen petani yang belum terdaftar, dari total jumlah petani yang sudah terdaftar di BNI yang ditunjuk sebagai penyedia kartu tani sebanyak 57.000 orang.

“Perkiraan kami sekitar 80.000. Jumlah ini bisa terjadi karena diyakini banyak petani yang belum masuk kelompok petani sehingga tidak masuk RDKK (rencana definitif kebutuhan kelompok) sebagai penerima jatah pupuk bersubsidi,” katanya.

Dia menyarankan para petani untuk segera bergabung ke kelompok tani. Karena dengan pemberlakuan penggunaan kartu tani mereka yang belum mendapatkan kartu tani tidak bisa membeli pupuk bersubsidi. Nanti, setiap petani menggunakan pupuk berapa dan sisa berapa harus dilaporkan, sehingga pada tahun 2018 datanya utuh dan hanya bisa diakses dengan kartu tani.(ta1)

Keterangan gambar : Penyerahan Kartu Tani secara simbolis.(foto : acta cahyono)