Visa Bermasalah, 173 CJH Asal Kediri Tertunda Keberangkatannya

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Akibat adanya permasalahan dalam proses pengurusan visa, 173 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Kediri yang terpaksa ditunda keberangkatannya, Kamis (27/07). Para CJH yang tertunda keberangkatannya tersebut berasal dari kloter satu, kloter dua dan kloter tiga.

Wakil Bupati Kediri, Masykuri mengatakan, jumlah jemaah haji asal Kabupaten Kediri yang akan diberangkatkan tahun ini ada 1.244 orang. Dari jumlah tersebut, masih ada permasalahan visa 173 jemaah.

Wabup menjelaskan, mereka yang tertunda keberangkatannya hari ini akan diberangkatkan menyusul ke Asrama Haji Sukolilo, pada Jumat (28/07) besok. “Karena visa belum selesai masih di Kedutaan Arab Saudi. Tadi saya telepon langsung kepada Kakanwil Kemenag. Saya dijanjikan besok Insyaallah mereka yang 173 masuk asrama pukul 3 sore,” cakapnya.

CJH yang tertunda diberangkatkan tersebut, lanjut Masykuri, nantinya akan masuk ke kloter 4. “Termasuk saya, seharusnya berangkat hari ini. Tapi karena visanya belum turun saya ikhlas,” tuturnya.

Terpisah, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Kediri, Imron Rosyidi saat dikonfirmasi melalui ponselnya juga membenarkan tentang kabar terlambatnya visa tersebut. Meski demikian, Imron membantah jika CJH yang bermasalah terhadap visa bakal tidak jadi berangkat ke tanah suci.

“Memang benar, tapi kalau disebut gagal berangkat saya kurang setuju. Yang benar itu tertunda keberangkatannya,” ujarnya.

Pihak Kemenag Kabupaten Kediri mengaku juga masih mengupayakan para jemaah haji yang tertunda keberangkatannya hari ini, agar secepatnya bisa menyusul ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya. “Masih kita upayakan, semoga secepatnya selesai,” imbuhnya.

Untuk diketahui, keberangkatan CJH asal Kabupaten Kediri dilepas oleh Wakil Bupati Kediri, Masykuri, di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Kediri, Jalan Sokerno Hatta, Kamis (27/07). Mereka yang ditunda keberangkatannya, nantinya juga akan dilepas di lokasi yang sama.(udn)

Keterangan gambar : Pemberangkatan calon jemaah haji di halaman Pemkab Kediri.(ist)

Recommended For You