2015-08-26_20.06.56

ADAKITANEWS, Kediri – Problema visa masih menjadi masalah calon jamaah haji pada skala nasional. Demikian juga untuk 961 calon jamaah  haji Kabupaten Kediri hingga saat ini  belum ada kejelasan kapan akan memperoleh visa.

Informasi yang dihimpun tim adakitanews.com, persiapan keberangkatan calon jemaah haji Kabupaten Kediri telah melewati tahap akhir. Beberapa tahapan seperti persipan administrasi, pengambilan tas hingga manasik haji telah diselesaikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kediri.

“Kami telah melaksanakan tahapan keberangkatan haji dengan maksimal, ada 961 calon jamaah haji yang akan berangkat pada September 2015 nanti,”jelas Paolo Jose Xemenes Kabag Humas Kemenag Kabupaten Kediri

Lebih lanjut Paolo menjelaskan, untuk kesiapan administrasi calon jemaah haji, Kemenag Kabupaten Kediri hanya terbatas pada persiapan passport. Sedangkan, lanjut Paolo untuk visa calon jemaah haji sendiri belum dapat diketahui datanya secara detil. “Passport seluruh calon jamaah Kabupaten Kediri sudah siap namun untuk visa itu bukan ranah kami untuk mengerjakan,” lanjut Paulo

Pernyataan yang diberikan oleh Kemenag Kabupaten Kediri ini tidak menjawab keresahan masyarakat yang mengaku khawatir akan terjadinya penundaan keberangkatan akibat visa. Dalam penuturan salah satu calon jamaah haji mengaku khawatir jika dalam proses keberangkatannya nanti harus mengalami penundaan seperti yang terjadi pada calon jamaah haji yang sekarang marak diberitakan.

“Ya harapannya gak ada hambatan dalam keberagaman haji nanti. Antisipasi dari pemerintah daerah terhadap masalah- masalah untuk calon jamaah haji ini harus cepat diselesaikan,” jelas Masykur calon jamaah haji Kabupaten Kediri.

Sementara itu data yang dihimpun tim adakitanews.com, sesuai dengan jadwal rencana perjalanan haji tahun 1436 H/2015 M, Kelompok terbang pertama akan diberangkatkan secara bergelombang pada 21 Agustus 2015 hingga 3 September 2015 menuju Madinah. Selanjutnya, pada 4 September 2015 hingga 17 September 2015 tujuan Jeddah.(dee/zay)

Keterangan Gambar : Ilustrasi keberangkaan haji