Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dorong Kemandirian Ekonomi di Sekitar Cagar Alam

Kediri(adakitanews.com)—Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini mendorong kelompok masyarakat di tiga desa sekitar Cagar Alam Manggis Gadungan Desa Manggis Kecamatan Puncu untuk kembangkan kemandirian ekonomi lewat usaha kreatif. Adapun desa tersebut yakni Desa Manggis, Asmorobangun dan Satak di Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri.

“Hari ini kita kasih alat pencacah makanan ternak, sesuai kebutuhan mereka di sekitar sekitar cagar alam, sebelumnya juga alat untuk ternak madu kelanceng,” jelas, Anggia, Sabtu (18/6/2022).

Selain alat tersebut, pihaknya bersama Perum Perhutani juga memberikan bantuan uang senilai Rp 35 juta per kelompok desa. Dengan harapan bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan di sekitar hutan.

“Contoh usaha ekonomi produktif yakni bisa eko wisata, koperasi pemanfaatan desa, produk pertanian, kehutanan dan peternakan,” paparnya.

Sementara itu, Plt Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Bambang hendroyono mendukung penuh atas bantuan kepada masyarakat sekitar cagar alam.

Di Jawa Timur sendiri, dia menyebut jika ada 26 cagar alam, dengan 2 diantaranya di Kabupaten Kediri.

“Ini sangat bagus untuk memulihkan lingkungan dan ekonomi di sekitar cagar alam dengan pengelolaan secara bijak untuk kemaslahatan masyarakat sekitar,” ucapnya.

Ke depan, dengan metode nomenklatur pemberdayaan ekonomi produktif masyarakat dan pemanfaatan sekitar cagar alam, kawasan konservasi serta hutan lindung, sebagai sistem penyangga kehidupan diharapkan tidak ingin ada lagi penebangan liar ataupun perburuan hewan.

Dia mencontohkan, sekitar cagar alam Manggis Gadungan terdapat hutan produksi jenis Sengon yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar. Selain itu, di bawah nya juga bisa ditanam beberapa jenis tanaman, seperti pepaya, cabai, bahkan nanas.

“Berarti kita harus menjaga dan semua kelestariannya jangan di ganggu. Supaya desanya juga makmur dan taraf hidup juga berkembang,” tutupnya.

Untuk diketahui Cagar Alam Manggis Gadungan dengan luas sekitar 13,36 hektar itu selama ini digunakan sebagai sumber pakan satwa dan sebagai habitat satwa yang berada di cagar alam tersebut seperti kera ekor panjang. Tak hanya itu, pada 23 Maret 2022, cagar alam ini resmi menjadi pusat ficus nasional dimana terdapat 52 jenis dari 200 ficus di seluruh Indonesia.(Gar).

Recommended For You