ADAKITANEWS, Kota Blitar – Walikota Blitar, Samanhudi Anwar, kembali memperoleh penghargaan tingkat nasional. Berkat kepeduliannya terhadap masalah kesejahteraan sosial, Walikota pro rakyat ini dianugerahi tanda kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, pada puncak acara peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya (20/12).

Program – program Walikota Blitar dinilai sangat bermanfaat dalam peningkatan pembangunan kesejahteraan sosial dan penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial. Samanhudi Anwar dinilai berhasil dalam memimpin Kota Blitar melalui program Raskin gratis, penyantuan anak yatim, santunan kematian, termasuk juga rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Di samping itu, bantuan pemasangan listrik gratis serta penerapan program peduli bencana solidaritas bersama, sehingga dapat meningkatkan hidup masyarakat.

Samanhudi menyatakan penghargaan ini merupakan program – programnya yang pro rakyat dan mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat sekaligus secara nyata bermanfaat bagi masyarakat.

“Program – program APBD Pro Rakyat seperti beras miskin, santunan yatim, dan santunan kematian betul – betul dirasakan oleh masyarakat. Dari Jawa Timur hanya ada dua orang yang menerima penghargaan ini. Yakni Kota Blitar dan Budhe Karwo (Nina Kirana Soekarwo, Ketua TP PKK Jawa Timur),” jelas Walikota, Kamis (21/12 ).

Lanjut Samanhudi, penghargaan itu tentu bukan menjadi tujuan utama. Tetapi diharapkan dapat memacu program – program APBD Pro Rakyat agar dapat semakin bermanfaat kepada masyarakat.

“Hal terpenting dari penghargaan ini adalah memacu semangat organisasi perangkat daerah maupun masyarakat untuk terus menyukseskan visi APBD Pro Rakyat karena secara riil memang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelas Samanhudi.

Penganugerahan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial tersebut, ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo melalui keputusan Presiden Nomor 126/TK/Tahun 2017 tanggal 12 Desember 2017. Tanda kehormatan yang diraih Samanhudi Anwar ini juga untuk menumbuhkembangkan kebanggaan, sikap keteladanan, semangat kejuangan, dan motivasi untuk meningkatkan darmabakti kepada bangsa dan negara. Beberapa tokoh yang menerima penganugerahan bersama Samanhudi Anwar diantaranya Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, Gubernur Lampung, Ridho Ficardo.(hms/fat/wir)

Keterangan gambar : Walikota Blitar Samanhudi Anwar menerima Penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial.(dok. Humas Pemkot Blitar)