ADAKITANEWS, Kota Kediri – Pemerintah Kota Kediri mendapatkan hibah bangunan Rusunawa dari Dirjen Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang berada di Jalan Singosari Kelurahan Dandangan Kecamatan Kota Kediri.

Dalam acara Peresmian Penghuni Rusunawa Kota Kediri, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar menyerahan kunci secara simbolis kepada penghuni baru Rusunawa, Jumat (29/12).

Walikota yang akrab disapa Mas Abu itu menyampaikan bahwa sebenarnya rumah susun yang ditempati masyarakat tersebut tidak pantas disebut dengan Rusunawa, tetapi lebih pantas disebut Apartemen Rakyat (ARA).

”Namanya Apartemen Rakyat, bukan Rusunawa. Nanti kalau ditanya tinggal di mana, bilang saja di ARA. Biar keren, dan orang sini biar tambah semangat,” ucapnya.

Mas Abu juga menjelaskan, Program Rumah Susun tersebut sebenarnya sudah lama macet dan akhirnya dikerjakan lagi oleh Pemkot Kediri pada tahun 2014. Nantinya, di lokasi Rusunawa juga akan ditambahkan taman yang dapat digunakan masyarakat untuk bercengkrama dan bersosialisasi.

“Ada juga masjid yang nantinya akan kita resmikan. Saya minta nantinya didirikan TPQ/TPA agar kesalehan masyarakat nantinya bisa lebih baik lagi. Dan English Massive juga harus ada disini,” ujarnya.

Mas Abu berpesan kepada warga Rusunawa agar segera mengurus berkas pindah mereka menjadi masyarakat Kelurahan Dandangan. Hal itu karena akan berdampak pada bantuan Pemerintah Kota Kediri yang tidak bisa tersalurkan apabila belum menjadi warga kelurahan yang bersangkutan.

Ditegaskan Mas Abu, bahwa Rusunawa yang didirikan itu tidak hanya diperuntukan bagi warga Dandangan. Namun adalah untuk seluruh warga Kota Kediri. “Ini tidak untuk warga Kelurahan Dandangan saja. Tetapi untuk seluruh warga di seluruh Kecamatan yang ada di Kota Kediri. Namun hanya untuk yang tidak mampu,” tukasnya.(kdr1)

Keterangan gambar: Mas Abu saat memberi sambutan di acara peresmian Rusunawa Kota Kediri.(foto: muchlis ubaidhillah)