ADAKITANEWS, Kota Kediri – Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar meresmikan masjid di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kota Kediri, Jumat (10/02). Diharapkan nantinya, selain menjadi pusat kegiatan keagamaan, masjid-masjid di seluruh sekolah di Kota Kediri juga bisa menjadi tempat munculnya ide-ide kreatif.

Kedatangan Mas Abu, sapaan akrab Walikota Kediri di SMPN 8 Kediri langsung mendapat sambutan hangat. Ratusan siswa bergantian menyalami orang nomor satu di Kota Kediri itu, sambil diiringi musik sholawat marawis.

Pantauan Tim Adakitanews.com, selain Walikota Kediri, peresmian Masjid Al Hidayah SMPN 8 Kediri juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Siswanto, tokoh ulama, dan walimurid.

Dalam sambutannya Mas Abu mengatakan, masjid di sekolah-sekolah memang diketahui masih banyak yang kurang layak. Ia berharap kedepan agar keberadaan masjid maupun musala yang ada di setiap sekolah di wilayah Kota Kediri bisa lebih baik lagi. Mengingat selain sebagai sarana tempat ibadah, masjid dan musala juga bisa digunakan sebagai tempat diskusi, kegiatan keagamaan dan tempat munculnya ide-ide kreatif serta sebagai sarana bersosialisasi antar sesama murid maupun dengan staf pengajar.

Lebih lanjut saat diwawancarai oleh Tim Adakitanews.com, Mas Abu mengatakan keberadaan masjid ataupun musala di sekolah-sekolah sangatlah penting. Pasalnya, untuk membentuk karakter generasi yang unggul harus dibangun pondasi yang kuat yaitu mental spiritualnya lewat bekal agama.

“Seorang generasi yang unggul tidaklah cukup dengan kecerdasan di bidang akademisi saja Tapi harus memiliki akhlak yang mulia. Dan akhlak itu akan terbentuk dengan membekali generasi kita melalui pondasi agama yang kuat,” ujarnya.

Di akhir wawancara, Mas Abu juga menyarankan perlu adanya perpustakaan mini di setiap musala maupun masjid di sekolah-sekolah sebagai sarana menambah pengetahuan tentang agama. Hal itu merupakan tanggungjawab semua pihak dalam rangka mempersiapkan generasi yang beraklak mulia di masa depan.

“Untuk membangun karakter generasi masa depan yang beraklak mulia, bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah, Dinas Pendidikan, maupun guru saja, Tapi juga diperlukan tanggungjawab dari senua pihak khususnya orangtua. Kami (Pemkot Kediri) sudah siapkan anggaran untuk dunia pendidikan terutama untuk membangun mental dan akhlak generasi kita,” pungkasnya.(adv/humaspemkotkediri/kdr6)

Keterangan gambar : Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat meresmikan Masjid Al Hidayah SMPN 8 Kota Kediri. (foto:niam)