ADAKITANEWS, Jombang – Warga Dusun Gedangan Desa Gudirejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang digegerkan dengan munculnya buaya di tengah-tengah sungai yang berdekatan dengan permukiman warga setempat, Minggu (24/12).

Penemuan binatang buas tersebut pertama kali diketahui oleh Hanafi, 50, yang rumahnya berdampingan dengan sungai. Ia mengatakan bahwa dirinya yang saat itu sedang beraktivitas dan melewati bibir sungai sekitar pukul 07.00 WIB, dan tidak sengaja melihat sosok bayangan di dalam sungai yang menyerupai biawak. Bermodal rasa penasaran dengan bentuk biawak yang tidak seperti biasanya, lantas ia mendekat ke sungai.

Hanafi sontak kaget saat melihat yang awalnya dikira biawak ternyata seekor buaya dan berukuran lumayan besar. “Awalnya saya kira biawak, saat saya lihat lagi lebih dekat ternyata seekor buaya berukuran 1,5 meter,” ungkap Hanafi.

Setelah mengetahui hal tersebut, Hanafi langsung memberitahu para warga lainnya. Dan seketika itu juga, buaya yang berada di sungai langsung diamankan.

Diketahui buaya yang diamankan oleh warga tersebut, sempat melakukan perlawanan dan berontak. Namun dengan hati-hati, akhirnya warga berhasil membawa buaya ke darat dan berhasil diamankan. “Buaya sudah kami amankan, sekarang posisinya saya kurang paham. Yang jelas tadi sudah diamankan warga, mungkin saja sekarang di Polsek,” ujarnya.

Saat ditanya soal kemungkinan buaya tersebut merupakan peliharaan atau buaya liar, Hanafi mengatakan bahwa kondisi buaya tersebut dalam kondisi sangat gemuk saat ditangkap. Ia menduga bahwa buaya tersebut merupakan buaya peliharaan salah satu warga.

Ia juga menuturkan bahwa beberapa hari sempat ada banjir besar yang terjadi di wilayah sekitar sungai tersebut. “Bsa saja itu peliharaan orang yang lepas. Kondisi buaya terlihat gemuk waktu ditangkap. Kemarin juga ada banjir di sekitar sungai ini, wong selama ini tidak pernah ada buaya yang ditemukan di sungai ini. Ya baru ini,” pungkas Hanafi.(ar)

Keterangan gambar: Beberapa warga saat mengamankan buaya yang berkeliaran di sungai Dusun Gedangan Desa Gudirejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang.(ist)