Warga Balowerti Tuntut Proyek Pembangunan Perumahan Persada Asri 2 Ditutup

20160616_082351ADAKITANEWS, Kota Kediri – Puluhan petani menutup akses jalan pembangunan proyek Perumahan Persada Asri 2 di Kelurahan Balowerti Kota Kediri, Kamis (16/06). Mereka menuntut pembangunan proyek tersebut diberhentikan karena sudah merusak tanah pertanian milik warga.

Pantauan tim adakitanews.com, sekitar 50 warga dari RT 30, RT 31, dan RT 32 Balowerti sudah berkumpul sejak pukul 07.00 Wib. Mereka yang kesemuanya pemilik sawah di daerah tersebut langsung menutup jalan dengan tulisan “Jalan Proyek Di Tutup” terpampang jelas masuk ke persawahan.

Sugeng Hariadi salah satu warga mengungkapkan pihak pengembang proyek yakni PT SK Bangun Persada tidak pernah ijin ke warga untuk menggunakan akses jalan. Terlebih, pihak pengembang tidak bertanggungjawab terhadap kerusakan jalan yang diakibatkan puluhan truk keluar masuk jalan warga.

“Setiap hari ada 30 truk lewat sini. Jalan yang hanya dari tanah ini tidak kuat sehingga rusak. Kami minta, mereka memperbaiki jalan akses warga ke sawah dan TPA yang sudah rusak parah ini,” ujar Sugeng

Sugeng menambahkan, selain jalan yang sudah rusak jembatan juga sudah rusak namun pihak PT SK Bangun Persada tetap tidal bertanggungjawab. Hal ini yang membuat warga tidak mengijinkan pengembang proyek menggunakan fasilitas jalan yang sebenarnya untuk para petani.

“Kami minta saluran tersier dikembalikan. Karena, saluran air sudah tertutup tanah urugan, jadi irigasi pertanian kami terhambat. Kalau ini dibiarkan warga RT 32 akan alami kebanjiran mas,” tambahnya.

Informasi yang dihimpun, pengurugan jalan tersebut sudah berjalan sekitar 1 tahun. Warga tidak akan membuka jalan tersebut sebelum tuntutan mereka terpenuhi. Bahkan, warga siap pasang badan jika pihak pemerintah desa maupun pengembang proyek membongkar paksa portal penunutup jalan itu.(Zay)

Keterangan Gambar : Portal penutup jalan yang ditutup warga Balowerti Kota Kediri.(foto:Zayyin)

Recommended For You