ADAKITANEWS, Sidoarjo – Perilaku Yusdian, warga asal Bangkalan Madura ini benar-benar tak patut ditiru. Pasalnya pria 37 tahun ini gemar melakukan pencurian di Bandara Juanda. Targetnya, tas calon penumpang yang sedang beristirahat di area masjid bandara.

Mulus di aksi pertama membuatnya kembali mengulangi perbuatannya. Namun, ulah itu justru mengantarnya ke balik jeruji besi, lantaran kepergok saat menjalankan aksi.

Ketika beraksi, pria yang kos di Desa Pranti itu tidak sendirian. Yusdian berbagi peran dengan temannya yang berinisial D yang kini masih buron. “Identitasnya sudah ada, semoga segera tertangkap,” ujar Kapolsek Sedati, AKP Herdiyantoro.

Masih kata AKP Herdiyantoro, Yusdian dan temannya melancarkan aksinya Rabu (03/05) lalu. Mereka mencuri pada dini hari sekitar pukul 01.00 WIB di Terminal 1 Bandara Juanda, tepatnya di serambi masjid.

Kapolsek menjelaskan, korbannya adalah Ahmad Hidayatul Muarifin, 22, warga Semarang yang hendak menuju Banjarmasin. Dan sedang tertunda perjalanannya karena kehabisan tiket pesawat. “Sambil menunggu korban tiduran,” jelasnya.

Menurutnya, korban meletakkan tas kecilnya tidak jauh dari tempatnya rebahan. Meskipun begitu, kedua pelaku tetap nekat. Yusdian berperan sebagai pemetik. Di sisi lain, temannya mengawasi situasi sekitar.

Yusdian berhasil membuka tas milik korban. Dia lantas mengambil dua ponsel. Yusdian tidak sadar bahwa aksinya dilihat Mochamad Cholik, 49, sopir travel yang juga sedang beristirahat di serambi masjid. Melihat hal tersebut Cholik langsung berteriak maling.

Teriakan itu membuat korban terbangun. Beberapa orang di sekitarnya juga berupaya meringkus pelaku agar tidak kabur. Namun, D berhasil melarikan diri beberapa saat sebelumnya.

Di hadapan petugas, Yusdian mengaku aksi itu bukan yang pertama kali. Sebab, satu pekan sebelumnya dia juga melancarkan modus serupa di tempat yang sama. Saat itu dia juga mendapat sebuah ponsel dari tas milik korbannya. “Dijual untuk keperluan sehari-hari,” kata pria yang tidak memiliki pekerjaan tetap tersebut.(sid2)

Keterangan gambar : Yusdian saat diamankan anggota Polsek Sedati.(ist)