Warga Kediri Manfaatkan Aliran Sungai Budidaya Ikan

Kediri(adakitanews.com)—Warga di Kabupaten Kediri dalam melakukan wirausaha semakin kreatif. Salah satunya mengembangkan budidaya ikan air tawar.

Kreativitas itu dengan memanfaatkan aliran sungai di lingkungan untuk meningkatkan perekonomian.

Bayu salah satu warga Dusun Babadan Desa Tugurejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri memanfaatkan aliran sungai untuk budidaya ikan air tawar jenis nila.

Ia mengungkapkan, untuk budidaya ikan air tawar jenis nila bisa dilakukan di aliran sungai. Tidak hanya di kolam maupun sawah.

“Budidaya ikan air tawar jenis nila bisa dilakukan di aliran sungai,”terang Bayu, Rabu (27/7/2022).

Memanfaatkan aliran sungai untuk budidaya ikan air tawar menurut Bayu, hasilnya dipastikan memuaskan. Ikan ini yang berada di sungai juga memiliki banyak manfaat,contohnya Ikan Jadi lebih sehat.

“Aliran air sungai ini sangat alami. Tentunya ikan akan tumbuh dengan sehat dan segar,”jelasnya.

Bayu, dalam melakukan usahanya budidaya ikan air tawar jenis nila ini menggunakan keramba bambu. Bambu dibuat keramba ini di bentuk persegi panjang 1,5 meter x 3 meter.

“Sangat sederhana mas. Saya menggunakan bambu dibentuk keramba. Keramba ini didalamnya ada ikan agar tidak lepas,”tuturnya.

Ia mengungkapkan, salam budidaya ikan nila di aliran sungai ada puluhan kotak keramba yang didalamnya ikan nila. Ia menggeluti usaha budidaya ikan nila baru dua bulan.

“Saya melakukan budidaya ternak ikan nila di aliran sungai sudah dua bulan. Dan alhamdulilah hingga saat ini tidak ada keluhan yang penting,”ungkapnya.(Mg).

Recommended For You