Warga Kelurahan Dandangan Tolak Relokasi Warga Eks Lokalisasi Semampir Ke Rusunawa

dandangan-1ADAKITANEWS, Kota Kediri – Masyarakat kelurahan Dandangan, Kota Kediri memampangkan spanduk besar di kompleks Rumah susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang berlokasi di wilayah kelurahan mereka. Pasalnya, para warga khawatir pemindahan tersebut berdampak buruk terhadap lingkungan sosial mereka.

Spanduk tersebut dipasang warga sejak pukul 06.30 wib (Jumat, 02/12) dipintu masuk kompleks rusunawa sebelah selatan. Spanduk bertuliskan “Warga Keluarahan Dandangan Menolak warga RW 05 / warga eks lokalisasi Kel. Semampir Untuk Menempati Rusunawa Kel. Dandangan”.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Dandangan, Puji Santoso mengatakan, pihaknya sengaja memasang spanduk tersebut sebagai bentuk protes atas rencana pemerintah Kota Kediri yang hendak memindahkan sebagian warga RW. 05 Kelurana Semampir di Rusunawa yang merupakan hibah pemerintah pusat tersebut. Warga beralasan image negative terkait eks lokasi Semampir.

“Kami warga kelurahan Dandangan belum pernah diajak berembuk terkait rencana pemindahan eks lokalisasi Semampir ke Rusunawa. Jelas kami kawatir image negative terjadi dilingkungan kami,” ujar Puji Santoso.

Puji Santoso menyayangkan sikap pemerintah Kota Kediri yang tidak memberikan solusi pemukiman dalam rencana penggusuran kawasan eks lokalisasi Semampir. “Harusnya pemkot lebih bijak dalam melaksanakan program-programnya. Mereka (warga eks lokalisasi Semampir – red) adalah warga Kota Kediri juga mengapa tidak disediakan pemukiman yang layak, mereka juga punya hak di Kota ini,” tandanya.dandangan-2

Hal senada juga disampaikan Ganang warga setempat yang ikut memasang spanduk tersebut. Ganang juga menyayangkan perlakuan yang tidak manusiawi pemerintah Kota dengan menggusur warga RW. 05 Semampir. “Memang kami menolak pemindahan warga RW. 05 ke lingkungan kami, karena kesan yang kurang baik jika ditempatkan di sini. Tapi ini juga sebagai protes kami pada pemkot Kediri yang seharusnya memeberikan pemukiman lebih layak bagi mereka,” ujarnya. (SR).

Keterangan Gambar : Spanduk yang dipampang warga Dandangan di pintu masuk kompleks Rusunawa.

Recommended For You