Lereng kelud peta puncak kelud@dakitanews Kediri- Sudah lama masyarakat  Kediri menantikan datangnya musim hujan, termasuk warga Desa Sukomoro, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Namun penantian tersebut juga dihinggapi oleh rasa takut sebagian warga. Hal ini disebabkan karena sisa material yang  masih menumpuk di puncak Gunung Kelud sisa erupsi pada bulan Februari lalu.

Jika memasuki musim hujan tiba, intensitas curah hujan yang turun tidak tanggung-tanggung. Curah hujan yang besar menimbulkan ketakutan tersendiri bagi warga lereng Gunung Kelud. Kekhawatiran warga cukup beralasan mengingat sisa-sisa tumpukan material di kawasan puncak Gunung Kelud masih banyak. Jika diguyur hujan terus menerus maka material yang berada di puncak akan turun dan menutup alur sungai. Material yang menumpuk akan mengumpul dan menciptakan danau baru, jika danau yang terbentuk tadi tidak mampu menampung lagi air yang terkumpul, maka danau yang terbendung akan jebol dan aliran lahar dingin dari hasil tumpukan tadi akan mengalir memenuhi jalur-jalur lahar dingin.

Perlu diketahui bahwa di sepanjang jalur-jalur lahar dingin terdapat permukiman warga, ada juga terdapat sebuah kampung di Desa Puncu, yang berada di jalan lahar yaitu kampung Ledokan Dusun Laharpang. Kampung ini juga menjadi daerah terparah yang terkena dampak erupsi Gunung Kelud pada Februari lalu. Namun terlihat rumah-rumah warga sudah diperbaiki.

Lukman, 25, salah satu warga Desa Puncu mengatakan bahwa masyarakat khawatir jika nanti tiba musim hujan. Sebab dengan datangnya musim hujan dan hujan yang terus menerus akan berdampak banjir lahar dingin di sepanjang aliran jalan lahar. Sementara di Desa Puncu ada sebuah kampung yang letaknya berada di jalur lahar.

“Kami senang dengan datangnya musim hujan, namun kami juga harus waspada dengan bahaya banjir lahar dingin, sebab material masih menumpuk di puncak dan bukit Kelud”, terang Lukman warga Desa Puncu itu.

Selain itu, lukman berpesan kepada warga agar tetap waspada terhadap semua ancaman yang mungkin akan timbul saat musim hujan. Lukman juga berpesan kepada semua pihak terutama pemerintah Kabupaten Kediri untuk mempersiapkan penanggulangan bencana sebelum bencana datang.

“Saya berharap, pemerintah juga peduli dan mempersiapkan penanggulangan sebelum bencana itu datang. Kebiasaan pemerintah itu turunnya biasanya kalau bencana itu sudah melanda” imbuh lukman. (afif)

Keterangan Gambar : Puncak Kelud dari utara dan Puncak Kelud dalam peta