Warga Temukan Air Terjun 7 Tingkat dan Gua Baung

ADAKITANEWS, Nganjuk – Masyarakat Nganjuk kembali menambah koleksi kunjungan wisatanya setelah sekitar 2 minggu lalu ditemukan air terjun 7 tingkat dan Gua Baung, di Desa Sambikerep Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk.

Lokasi wisata baru tersebut tepat berada di kawasan hutan milik Perhutani Nganjuk dengan luas sekitar 2 hektare. Kepala Desa Sambikerep, Agus Juhandoko mengatakan penemuan lokasi wisata tersebut berawal dari laporan warganya yang melihat ada sebuah gua dan berdampingan dengan air terjun. Mendapat laporan itu, Agus lantas melihat dan memastikan tentang keberadaan obyek wisata tersebut. “Saya kagum dengan keindahan kawasan wisata yang masih alami,” kata Agus kepada Tim Adakitanews.com, Minggu (31/07).

Dijelaskan Agus, di lokasi ada sekitar 5 gua. Diantaranya, 4 gua hanya sedalam 1 sampai 2 meter, sedangkan 1 gua lagi mempunyai kedalaman hingga 12 meter. “Gua Baung itu hanya bisa dimasuki dengan cara merangkak dan di dalamnya ada hamparan tanah yang luas dengan ketinggian sekitar 2 sampai 3 meter,” terangnya.

Diakui Agus, lokasi tersebut masih masuk dalam wilayah milik Perhutani KPH Nganjuk dan saat ini sedang dilakukan penataan bersama masyarakat, agar kawasan tersebut bisa dibuka untuk umum.

Dengan ditemukannya obyek wisata air terjun 7 tingkat dan Gua Baung, setidaknya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sambikerep. “Saya sudah melaporkan penemuan kawasan wisata ini, baik di tingkat kecamatan hingga ke Kabupaten,” terangnya.
Bahkan pihak desa dan masyarakat siap membantu Perhutani KPH Nganjuk untuk bersama mengubah kawasan tersebut menjadi kawasan wisata hingga pada akhirnya bisa dinikmati oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. “Ini baru dua minggu dan belum dibuka secara resmi, tapi sudah banyak warga yang ingin melihat,” jelas Agus.

Endang, warga Jombang yang saat itu berkunjung ke lokasi wisata tersebut mengatakan, setelah mendengar kabar bahwa ada penemuan obyek wisata baru, ia bersama teman-temanya langsung ingin melihatnya. “Ini jelas bagus, apalagi jika dilakukan penataan akan banyak pengunjung,” kata Endang.

Menurutnya, kawasan hutan dan obyek wisata baru ini sangat cocok dan tepat untuk liburan keluarga sekaligus sebagai kawasan wisata edukasi dengan hutanmya yang masih alami.(jati)

Keterangan Gambar : Penemuan Air terjun 7 tingkat dan Gua Baung. (Foto : Bagus Jatikusumo)

Recommended For You