Waspada, Jelang Lebaran Polres Jombang Sita Ratusan Juta Upal

upal 3ADAKITANEWS, Jombang – Kepolisian Resort Jombang berhasil menangkap 2 orang pria, yakni Amir warga Kecamatan Ploso dan Untung warga Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, lantaran kedapatan membawa ratusan juta uang palsu (upal). Dari tangan keduanya, Polisi menyita sebanyak Rp 108 juta uang palsu pecahan seratus ribu dan lima puluh ribuan.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jombang, AKP Herio Ramadhona Chaniago mengatakan kasus tersebut terkuak saat petugas mendapatkan informasi tentang adanya indikasi masuknya upal ke wilayah Jombang. Polisi langsung melakukan penggrebekan terhadap Amir yang saat itu berada di Jalan Kemuning Kota Jombang, Jumat (17/06). Dalam penggeledahan itu, polisi berhasil menemukan uang palsu sebesar Rp 25 juta dari tangan tersangka.

Tidak hanya itu, saat dilakukan penggeledahan di rumah Amir, petugas kembali mendapati uang palsu pecahan seratus ribu dan lima puluh ribuan dengan total mencapai Rp 108 juta.

“Tersangka berinisial ATM (Amir,red) mendapat upal dari UTY (Untung,red) dengan cara membelinya seharga Rp 10 juta rupiah untuk upal sebanyak Rp 25 juta rupiah,” kata AKP Herio, Jumat (17/06).

AKP Herio Ramadhona Chaniago menjelaskan, dari penangkapan itu polisi kemudian melakukan pengembangan asal upal tersebut hingga berhasil menangkap tersangka Untung. Kepada polisi, keduanya mengaku hendak mengedarkan upal tersebut saat hari raya Idul Fitri mendatang.

“Ini sudah mirip sekali. Kalau dilihat sudah tidak ada bedanya dan sudah hampir sama dengan uang asli atau kualitas nomor satu dari uang palsu. Yang pertama kita terawang ada bedanya, kita raba juga tidak kasar, kalau kita cium baunya tidak seperti parfum uang asli, tapi seperti sablon,” jelasnya.

Untuk`mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku harus mendekam di sel tahanan Mapolres Jombang dan terancam dengan hukuman 15 tahun penjara.(Tari/Jati)

Keterangan Gambar: Ratusan juta uang palsu (upal) hasil sitaan Polres Jombang dari kedua tersangka.

Recommended For You