ADAKITANEWS, Tulungagung – Seiring datangnya hujan yang terjadi di wilayah Tulungagung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung, mengimbau masyarakat untuk selalu waspada. BPBD Tulungagung pun telah memetakan setidaknya ada lima kecamatan dari 19 kecamatan di Tulungagung yang rawan terjadi bencana tanah longsor.

Kelima kecamatan itu berada di area pegunungan yaitu Kecamatan Pagerwojo, Sendang, Pucanglaban, Kalidawir, dan Tanggunggunung. “Kabupaten Tulungagung memiliki beberapa kecamatan yang berada di wilayah pegunungan, seperti halnya Kecamatan Pagerwojo, Sendang, Pucanglaban, Kalidawir, dan Tanggunggunung. Daerah ini merupakan rawan terjadi longsor. Untuk itu, masyarakat yang berdomisili di situ harus terus meningkatkan kewaspadaan,“ kata Kepala Pelaksana BPBD Tulungagung, Soeroto, Kamis (26/10).

Meskipun curah hujan yang turun dalam beberapa hari ke depan memiliki kecenderungan rendah yakni rata-rata per 10 hari antara 40 sampai 45 milimeter, Soeroto berpesan agar masyarakat tidak boleh terlena, khususnya mengantisipasi bencana longsor maupun banjir. Tak terkecuali di wilayah pegunungan yang rentan terdampak tanah longsor.

“Itu merupakan langkah terbaik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya jatuhnya korban jiwa,” ujarnya.

“Khusus bagi mereka yang bertempat tinggal di bawah tebing tinggi agar lebih waspada. Kalau perlu, bila hujan deras lebih dari dua jam agar sementara waktu mengungsi ke tempat yang lebih aman,” imbau Soeroto.(ta1)

Keterangan gambar : Longsor yang terjadi di Kecamatan Besuki beberapa waktu lalu.(foto : acta cahyono)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171027_012219-1024x767.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171027_012219-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,bencana,Berita,Bpbd,longsor,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Seiring datangnya hujan yang terjadi di wilayah Tulungagung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung, mengimbau masyarakat untuk selalu waspada. BPBD Tulungagung pun telah memetakan setidaknya ada lima kecamatan dari 19 kecamatan di Tulungagung yang rawan terjadi bencana tanah longsor. Kelima kecamatan itu berada di area pegunungan yaitu...