Waspadai Kerawanan saat May Day

ADAKITANEWS, Kota Madiun – Apel gabungan dalam rangka persiapan pengamanan Hari Buruh atau May Day dilaksanakan di halaman Mapolres Madiun Kota, Sabtu (29/04).

Polres Madiun sendiri, menerjunkan satuannya secara lengkap mulai dari Intel, Reskrim, Narkoba, Shabara/Dalmas, Satlantas, Polwan, staf Polres, serta gabungan polsek-polsek jajaran. Tak hanya itu, apel juga diikuiti oleh satuan TNI dari Kodim 0803 Madiun serta Satpol PP Kota Madiun.

Apel gabungan dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka antisipasi peringatan “May Day”, yang akan diperingati setiap tanggal 1 Mei. Kapolres Madiun Kota, Sony Mahar Budi Adityawan selaku Inspektur Upacara dalam sambutan menyampaikan jika kegiatan apel gabungan ini adalah sebagai persiapan dini antisipasi potensi atau kerawanan dalam peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day.

Apel gabungan sendiri adalah sebagai wujud nyata serta tanggungjawab Polri, TNI, Pemerintah dalam memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat khususnya Kota Madiun.

Kapolres Madiun Kota juga menyampaikan kepada seluruh peserta upacara untuk selalu waspada dan tidak meremehkan keadaan serta selalu melakukan kegiatan bersifat preventif.

“Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day adalah peringatan rutin yang diperingati tiap tahun. Di sini potensi kerawanan atau konflik mudah terjadi jika tidak dikelola dengan baik”, tegasnya.

Kerawanan yang wajib diantisipasi menurut Kapolresta, seperti pengerahan massa dalam jumlah besar, sweeping buruh saat bekerja, penutupan ruas jalan, gangguan atau perusakan fasilitas umum atau objek vital pemerintah, yang tentu saja akan mengganggu aktivitas serta menimbulkan keresahan di masyarakat.(bud)

Keterangan gambar: Kapolres Madiun Kota saat melakukan inspeksi pasukan.(foto: budiyanto)

Recommended For You