ADAKITANEWS, Kota Kediri – Setelah sempat mundur sekitar 1 jam karena pemeriksaan barang bawaan di Bandara King Abdul Aziz Makkah, Jemaah Haji Kloter 4 asal Kota Kediri akhirnya tiba di Aula Muktamar Ponpes Lirboyo, Jumat (08/09) sore.

Kedatangan Jemaah Haji itupun langsung disambut oleh Wakil Walikota Kediri, Hj Lilik Muhibbah. Ia berharap, dengan doa para jemaah haji itu, Kota Kediri bisa semakin lebih baik lagi kedepannya.

Diwawancarai awak media, Wakil Walikota yang akrab disapa Ning Lik itu mengaku bersyukur para jemaah haji asal Kota Kediri bisa tiba di tanah air dengan selamat. “Dengan kedatangan jemaah haji ini, dan dengan doa dari mereka, semoga menjadikan Kota Kediri semakin lebih baik lagi,” ujarnya.

Ning Lik mengatakan, dari total 363 jemaah haji yang sempat diberangkatkan ke tanah suci, ada 1 jemaah yang meninggal dunia usai menjalani seluruh rukun haji. “Perjalanan haji Kota Kediri tahun 2017 ini berjalan lancar. Ada dua yang sakit dan dipulangkan dahulu. Ada yang meninggal dunia, karena memang sudah terlalu sepuh,” ujarnya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Kediri, Ahmad Zuhri M Si menambahkan, dua jemaah yang sakit tersebut diakibatkan karena sakit bawaan. Dan sekarang sudah berada dirawat di Rumah Sakit. “Yang meninggal satu dalam kondisi setelah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji, mudah-mudahan ibadah hajinya mabrur,” katanya.

Sementara itu, salah satu jemaah asal Kota Kediri, Sujianah, 70, warga Kelurahan Bandarlor Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, yang tahun ini berangkat bersama suaminya, Abdul Wahid, 80, merasa senang sudah bisa sampai di Kota Kediri dengan selamat. Meski memakai kursi roda, Sujiahan mengaku lancar selama pelaksanaan ibadah haji. “Alhamdulillah sehat semua dan tidak ada kendala,” tukasnya.

Rasa syukur juga dirasakan para anggota keluarga yang sore itu ikut menjemput kepulangan para jemaah haji. Salah satunya, Sabila Hasna, 17, asal Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto yang saat itu menjemput kepulangan kedua orang tuanya. “Ini jemput ayah sama ibu. Rasanya sedih dan terharu juga. Bersyukur orang tua pulang dengan selamat,” ujarnya.(adv/hms/kdr1)

Keterangan gambar: Suasana saat kedatangan para jemaah haji di Aula Muktamar Ponpes Lirboyo Kota Kediri. (bawah) Wakil Walikota Kediri, Hj Lilik Muhibbah berdoa bersama para jemaah haji.(foto: muchlis ubaidhillah)