images (2)ADAKITANEWS, Madiun – Wijengsihe Mudiyanselage Amila Srinath Jayathilaka (32) Warga Negara Asing (WNA) dari Bangladesh, Srilanka dideportasi, Rabu (13/07). Sebelumnya, Ia menjalani 4 bulan hukuman penjara karena dianggap melanggar penempatan kerja.

“Hari ini saudara Wijengsihe Mudiyanselage Amila Srinath Jayathilaka kami deportasi ke negara asalnya yakni Bangladesh, Srilanka karena telah melanggar pasal 112 Undang Undang Nomor 6 tahun 2011,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Madiun Sigit Roesdianto.

Sigit kemudian menjelaskan, sebelum mendeportasi pihaknya telah menahan WNA tersebut medio Maret 2016. “Kami sudah mengetahui keberadaan tersangka sejak akhir Februari 2016 lalu, berdasarkan laporan masyarakat dan didukung aparat keamanan setempat. Lalu, diproses hukum dan divonis 4 bulan penjara,” jelasnya

Penahan itu dikarenakan WNA yang bekerja di salah satu pabrik konveksi di Desa Karangsono, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan sebagai Quality Control (QC). Namun, saat dokumen dimiliki bersangkutan dicek petugas ada kesalahan. “Sesuai dokumen, bersangkutan seharusnya ditempatkan di Jakarta atau Solo Jawa Tengah, ternyata bekerja di Kabupaten Magetan,” ungkap Sigit Roesdianto.

Namun, Wijengsihe menyangkal pernyataan itu dan merasa heran kenapa Ia bisa ditahan. “Saya bukan sebagai QC, tapi Consultant Advisor dari perusahaan di Solo, saya ada di situ tadi (Kabupaten Magetan) atas perintah pimpinan perusahaan. Saya disitu melakukan control dan cek produk perusahaan disitu,” ujarnya.(Uk/Zay)

 

Keterangan Gambar : ilustration