ADAKITANEWS, Surabaya – PWI Jatim dan SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Jatim menggelar workshop profesionalisme dan peluang bisnis, di Graha Wartawan A Aziz PWI Provinsi Jawa Timur, Jalan Taman Apsari, Surabaya, Kamis (8/6) siang.

Budi Purnomo, CEO Indonesia Media Center yang didaulat menjadi salah satu pembicara dalam acara tersebut mengatakan bahwa bisnis di media siber itu tidak mudah. Meski demikian, peluang media siber di masa datang sudah sangat menjanjikan. “Meskipun kecil, media siber itu harus mulai dibangun dengan manajemen lembaga yang baik,” pesannya.

Menurutnya, media bukan semata bisnis namun juga memiliki nilai politik di dalamnya. “Pencitraan tidak hanya cukup di media cetak saja, tapi di digital media juga bisa. Malah responnya lebih cepat. Semua pejabat saat ini saya rasa butuh media digital yang menginformasikan kegiatan yang membangun. Yang harus kita kejar adalah digital advertising dan berdayakan SMSI,” paparnya.

Budi menegaskan, pengusaha media siber harus memperhatikan segmentasi pembaca yang akan dituju. “Kalau segmentasinya pas akan lebih banyak yang baca,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir mengatakan, dengan terbentuknya SMSI sebagai dasar untuk membangun sekaligus mengatur keberadaan ribuan media siber di Indonesia, diharapkan nantinya setiap media siber bisa tumbuh dengan sehat, dan bersama-sama menciptakan jurnalisme yang sehat pula.

Workshop kemudian ditutup dengan acara buka bersama seluruh peserta yang hadir.(sid2)

Keterangan gambar : Suasana workshop profesionalisme dan peluang bisnis, di Graha Wartawan, Jalan Taman Apsari, Surabaya.(foto : mus purmadani)