ADAKITANEWS, Kota Kediri – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Kediri kembali mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jumat (19/01). Kedatangan mereka adalah untuk menyerahkan berkas perbaikan sebagai syarat agar bisa lolos sebagai partai peserta Pemilu 2019 mendatang.

Diwawancara usai penyerahan berkas, Ketua DPD PSI Kota Kediri, Rachmad Akbar Hakiki mengaku optimis partainya lolos dan mengikuti proses pemilihan legislatif tahun 2019 mendatang. “Hari ini kita proses perbaikan untuk verifikasi faktual. Kita kumpulkan anggota sebanyak 356,” ujarnya.

Meski optimis partainya bisa ikut dalam ajang Pileg 2019, Rachmad Akbar Hakiki mengaku PSI Kota Kediri masih akan fokus dalam penjaringan calon legislatif, dan belum menentukan pilihan untuk mendukung salah satu calon dalam PIlwali Kota Kediri 2018.

“Target kita di Pileg 2019 nanti minimal adalah 3 kursi. Kalau bisa 6 kursi. Kita akan buat gebrakan bahwa anak muda juga bisa,” imbuhnya.

Terpisah Komisioner KPU Divisi Hukum, Nurul Mamnun menjelaskan, sebelumnya dari 4 partai baru calon peserta pemilu 2019, masih ada 1 partai yang telah dinyatakan lolos proses verifikasi, yakni Partai Berkarya. Sementara partai lain, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, dan Partai Perindo, masih harus melakukan perbaikan.

“Perindo kemarin sudah. Kalau Partai Garuda kita kasih waktu sampai tanggal 26 Januari. PSI hari ini melakukan perbaikan persyaratan keanggotaan. Nanti setelah ini akan kita verifikasi sesuai tahapan yakni 21 Januari 2018 sampai 3 Februari 2018,” katanya.

Nurul Mamnum menambahkan, jika hasil verifikasi faktual PSI dinyatakan tidak memenuhi syarat, maka mereka juga tidak akan bisa mengikuti Pemilu 2019. Namun jika secara nasional PSI dinyatakan memenuhi syarat, otomatis di tingkat Kota Kediri PSI juga bisa mengikuti Pemilu. “Kebalikannya, jika di tingkat kota dinyatakan memenuhi syarat, tapi di tingkat nasional tidak, maka juga tidak bisa menjadi peserta pemilu,” pungkasnya.(kur)

Keterangan gambar: Ketua DPD PSI Kota Kediri, Rachmad Akbar Hakiki (kanan) saat menyerahkan berkas perbaikan verifikasi faktual kepada Komisioner KPU Divisi Hukum, Nurul Mamnun.(foto: kurniawan)