ADAKITANEWS, Kota Blitar – Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo melakukan ziarah di Makam Bung Karno, Senin (18/09). Ziarah tersebut dilakukan dalam rangka peringatan hari TNI yang ke-72 dengan tema Bersama Rakyat TNI Kuat Hebat Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Mandiri, Berdaulat, Berkepribadian, Adil dan Makmur.

Setibanya di MBK sekitar pukul 11.30 WIB, rombongan langsung masuk ke area makam untuk melakukan doa bersama. Ditemui pasca berdoa, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, mulai tahun 2016 lalu TNI sudah melakukan tradisi baru dengan melakukan ziarah ke makam mantan presiden dan mantan panglima tertinggi.

“Sesuai letak geografis, kita ziarah ke Makam Bung Karno, Gusdur, Soeharto, Panglima Besar Jenderal Sudirman serta ditambah ke taman makam pahlawan prajurit-prajurit TNI di Dilli dan Baucau,” kata Panglima.

Makna dari ziarah ini, lanjut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, adalah untuk mengirimkan doa. Selain itu juga sebagai pewarisan nilai juang karena para pahlawan merupakan pejuang yang patut diteladani nilai-nilai perjuangan dan pengorbanannya.

“Kita harus teladani nilai juang para pahlawan. Mereka sudah berjuang untuk kemerdekaan Bangsa ini,” tegasnya.

Jenderal bintang empat ini menambahkan, untuk makam pahlawan yang berada di Baucau kondisinya sudah memprihatinkan. Tetapi 3 minggu lalu sudah dilakukan renovasi dan kini kondisinya lebih baik. “Untuk ziarah ke para Pahlawan di Baucau juga menunjukkan bahwa kita tidak melupakan perjuangan para pahlawan di sana,” ujarnya.

Untuk diketahui, ziarah Panglima TNI selain dihadiri seluruh jajaran TNI, juga dihadiri Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Usai melakukan kunjungan ke Blitar, rombongan menuju ke Jombang, Solo dan terakhir terbang ke kawasan timur Indonesia (fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana proses ziarah rombongan Panglima TNI ke MBK.(foto : fathan)